Baru 17 Hari Latih Filipina, Eriksson Incar Final Piala AFF

Baru 17 Hari Latih Filipina, Eriksson Incar Final Piala AFF

Agen Bola

Pelatih timnas Filipina Sven-Goran Eriksson menargetkan tampil di final Piala AFF 2018 kendati hanya punya waktu sekitar 17 hari untuk mempersiapkan The Azkals jelang kejuaraan antarnegara Asia Tenggara.

Eriksson menandatangani kontrak selama enam bulan bersama timnas Filipina menggantikan Terry Butcher yang mengundurkan diri usai resmi bergabung kurang dari 50 hari pada Agustus lalu yang merasa tak mampu menangani The Azkals.

“Saya tidak tahu mengapa dia [Butcher] pergi dalam waktu yang singkat. Pastinya saya akan bertahan lebih lama daripada dia. Saya pikir, kenapa tidak melakukan hal kecil yang berbeda dari yang sebelumnya saya lakukan,” kata Eriksson pada konferensi pers pertamanya dilansir straitstimes.com.

Pelatih berkebangsaan Swedia itu menjadi salah satu yang mendapat sorotan pada Piala AFF lantaran memiliki banyak pengalaman baik di level klub dengan menangani AS Roma dan Lazio maupun di level timnas, bersama Inggris, Meksiko, dan Pantai Gading.

Meski belum sampai sebulan melatih, Eriksson sudah mengusung target tinggi buat timnas Filipina di masa kepemimpinannya. Selain target final di Piala AFF 2018, ia juga ingin menaikkan posisi Filipina di peringkat FIFA dari 116 ke 111.

“Beban ada di semua tim yang mencoba untuk melakukan yang terbaik di Piala AFF kali ini dibanding sebelumnya. Itu berarti, setidaknya kami bisa mencapai final,” ucap Eriksson.

Catatan terbaik Filipina di Piala AFF adalah mencapai babak semifinal di tiga edisi berturut-turut sebelumnya, yakni pada 2010, 2012 dan 2014.

Selain Piala AFF 2018, pelatih 70 tahun itu juga dibebankan tugas untuk membawa timnas Filipina meraih hasil terbaik di Piala Asia Januari mendatang. Eriksson mengakui berada satu grup dengan Korea Selatan, China, dan Kirgistan akan menjadi tantangan berat baginya.

“Saya bisa bilang dengan mudah kami bisa memenangkannya, tapi apakah itu realistis untuk penampilan yang pertama? Mari kita mulai dengan Piala AFF lebih dulu,” ujar Eriksson.

Filipina akan menghadapi Singapura pada laga pertama Grup B, 13 November mendatang, disusul laga melawan Timor Leste, Thailand, dan Indonesia.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply