Jelang Lawan Malaysia, Ini yang Diminta PSSI dari Suporter Indonesia

Jelang Lawan Malaysia, Ini yang Diminta PSSI dari Suporter Indonesia

Agen Bola

Babak semifinal Piala AFF U-16 2018 mempertemukan Indonesia dan Malaysia. PSSI selaku induk organisasi sepakbola Indonesia punya permintaan kepada para suporter.

Timnas Indonesia U-16 akan bertemu Malaysia pada laga semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018). Indonesia yang berstatus tuan rumah akan mendapatkan dukungan penuh dari puluhan ribu suporter.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengingatkan para suporter untuk menjaga kenyamanan dan keamanan bagi tim tamu. Tisha juga meminta kepada para suporter untuk menghormati Malaysia.

“Saya sangat mengharapkan dukungan dan sikap respek dari masyarakat Indonesia kepada tim lawan (Malaysia). Ada dua hal yang harus dicermati bersama, yakni pertama itu simbol negara yang benar-benar harus dihormati saat tim lawan (Malaysia) menyanyikan lagu kebangsaan,” ujar Tisha.

“Tidak perlu kalian mencemooh itu karena sejak Sekolah Dasar tidak pernah kami diajarkan untuk menyoraki lagu kebangsaan orang lain. Seakan itu mencerminkan lemahnya mental kami sehingga harus menjatuhkan lawan,” tambahnya.

“Untuk itu kami meminta masyarakat harus respek dan fairplay. Ingat tidak pernah ada leluhur kami yang mencemooh negara lain. Di dalam diri kami ada dua hal yakni merah dan putih. Merah artinya berani dan putihnya artinya suci, lalu ke mana yang putih itu bila keberaniaan kami dipakai untuk menyoraki tim lain,” kata Tisha.

Sebelumnya, suporter Indonesia sempat meluapkan emosinya kepada tim Malaysia saat bertanding melawan Thailand beberapa hari yang lalu. Kejadian itu merupakan buntut dari kekecewaan suporter kepada pemain Malaysia, Amirulah, yang memasang bendera Indonesia secara terbalik di Instastory-nya sebelum Piala AFF U-16 dimulai.

Akibatnya, Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) mengancam timnya untuk mundur dari Piala AFF U-16. Mereka juga meminta kepada PSSI agar menjamin keamanan para pemain Malaysia.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply