Kebijakan Transfer Berubah, Bagaimana Madrid Tanpa Ronaldo?

Kebijakan Transfer Berubah, Bagaimana Madrid Tanpa Ronaldo?

Agen Bola

Real Madrid tak begitu agresif dalam tiga musim terakhir ini. Dengan kepergian Cristiano Ronaldo, menarik dinantikan seperti apa Madrid musim ini.

Setelah mendatangkan Gareth Bale dengan banderol 100 juta euro pada 2013, Madrid relatif tak melakukan pembelian dengan harga gila-gilaan. Transfer termahal yang dilakukan Madrid setelah Bale adalah mendatangkan James Rodriguez pada 2014 dengan 75 juta euro.

Madrid lebih menekankan pada pembelian pemain muda dengan harga sewajarnya dan bisa digunakan untuk masa depan tim. Sebut saja Casemiro, Theo Hernandez, Dani Ceballos, Marco Asensio, Alvaro Odriozola, dan Mariano Diaz yang didatangkan dengan harga tak lebih dari 30-35 juta euro.

Sebuah anomali mengingat Madrid kerap belanja besar-besaran khususnya di era Florentino Perez. Belum lagi bursa transfer dalam dua musim terakhir melahirkan angka-angka yang fantastis dan di luar nalar.

Faktanya kebijakan transfer itu tak mengganggu prestasi tim mengingat Madrid meraih tiga gelar Liga Champions sejak 2016 dan sempat menjadi juara La Liga pada musim 2016/2017. Kebijakan yang mana mendapat pujian dari banyak pihak.

Meski demikian, Madrid harus mulai waspada musim ini mengingat mereka sudah kehilangan dua figur penting yakni Cristiano Ronaldo yang pindah ke Juventus dan kepergian Zinedine Zidane. Sementara, di bursa transfer, Madrid cuma mendatangkan Thibaut Courtois sebagai sosok pemain top.

Maka dari itu, publik pun menantikan seperti apa sepak terjang Madrid tanpa Ronaldo dan Zidane musim ini di bawah asuhan Julen Lopetegui sebagai pelatih baru.

“Menurut saya, sepanjang klub itu meraih sukses, maka (kebijakan pembelian pemain muda) itu oke-oke saja. Musim lalu mereka memenangi Liga Champions dan semusim sebelumnya mereka meraih dobel gelar. Mereka punya pemain seperti Lucas Vazquez (lulusan akademi), Marco Asensio, Theo Hernandez, Dani Ceballos, yang faktanya mereka tidak begitu berpengalaman,” ujar mantan pemain Madrid, Steve McManaman, dalam obrolan dengan detikSport di Hotel Gran Melia, Jakarta, Rabu (5/9/2018) siang WIB.

“Tapi, dengan adanya para pemain di sekitar mereka seperti Luka Modric, Sergio Ramos, Cristiano Ronaldo, itu bisa menaikkan performa tim. Namun, dengan tidak adanya lagi Ronaldo dan juga Zidane, maka musim ini akan jadi ujian berat untuk mereka. Apalagi Modric baru saja melalui Piala Dunia yang berat untuknya meski dia tampil bagus di sana. Bagaimana gaya main Madrid musim ini dan menarik ditunggu seperti apa ke depannya nanti,” sambung McManaman yang berseragam Madrid di musim 1999 hingga 2003 itu.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply