Kontroversi VAR Warnai Inggris vs Italia, Southgate: Untung Belum Piala Dunia

Kontroversi VAR Warnai Inggris vs Italia, Southgate: Untung Belum Piala Dunia

Agen Bola

Manajer Inggris Gareth Southgate mengkritik penggunaan Video Assistant Referee (VAR) usai Inggris diimbangi Italia. Menurutnya, VAR akan selalu menimbulkan perdebatan.

Inggris harus puas berbagi hasil 1-1 saat melawan Italia di laga persahabatan di Stadion Wembley, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. Sempat unggul lebih dulu lewat gol Jamie Vardy, Inggris kemudian kebobolan oleh penalti Lorenzo Insigne di menit-menit akhir.

Penalti untuk Italia diberikan setelah wasit Deniz Aytekin meninjau VAR. Awalnya, ia mengabaikan insiden James Tarkowski menginjak kaki Federico Chiesa sebelum akhirnya mengubah keputusannya.

Southgate pun tidak puas dengan hal tersebut. Meski lega karena ini tak terjadi di Piala Dunia, ia menilai VAR tidak akan mampu menjelaskan semua insiden.

“Saya bersyukur ini belum Piala Dunia. Saya pikir putusan VAR itu ‘jelas dan gamblang’, nyatanya tidak. Anda bisa memperdebatkan hal ini sepanjang hari,” Southgate mengatakan kepada ITV.

“Memang terlihat Tarkowski menginjak Chiesa. Tapi, itu terjadi pada proses berlari dan bagaimanapun dia akan terjatuh.”

“Saya pikir wasit sebenarnya sudah berada dalam sudut pandang yang bagus. Saya pikir dengan insiden seperti itu, VAR tidak akan membereskannya. Mungkin untuk handball atau hal-hal yang lain bisa. Tapi, pada akhirnya kita semua harus menerima yang ada,” ia menambahkan.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply