Nasib Luis Milla Tak Jelas, Ini 3 Kandidat Pelatih Indonesia di Piala AFF 2018

Nasib Luis Milla Tak Jelas, Ini 3 Kandidat Pelatih Indonesia di Piala AFF 2018

Agen Bola

PSSI sampai sekarang masih belum memberikan kejelasan mengenai masa depan pelatih kepala timnas Indonesia U-23, Luis Milla Aspas. Namun berdasarkan informasi sebelumnya, nasib Milla akan dievaluasi pasca gelaran Asian Games 2018.

Pada gelaran itu PSSI menargetkan Milla mampu mengantarkan tim Garuda Muda mencapai babak semi-final. Jika target itu berhasil, maka kontrak Milla kemungkinan bakal diperpanjang, begitupun dengan sebaliknya.

Namun jika Milla gagal memenuhi target dari PSSI dan dipecat, setidaknya sudah ada tiga calon pelatih yang siap untuk menggantikan posisinya. Berikut adalah lengkapnya.

Rahmad Darmawan
Nama pertama adalah Rahmad Darmawan, pelatih yang akrab disapa RD itu memiliki prestasi yang cukup mentereng. Dia tercatat pernah meraih dua trofi Liga Indonesia, masing-masing bersama Persipura Jayapura pada musim 2005/06 dan bersama Sriwijaya FC pada musim 2007/08. Selain itu, dia juga pernah melatih timnas Indonesia U-23 dan berhasil mempersembahkan medali perak pada gelaran SEA Games 2011 dan juga 2013.

Kini RD sedang melatih Mitra Kukar, dan bukan tidak mungkin nantinya dia adalah pelatih yang ditunjuk untuk menangani timnas Indonesia, karena dia dianggap sudah mengetahui kultur sepak bola di Indonesia dan memiliki pengalaman di level internasional.

Robert Rene Alberts
Selanjutnya adalah pelatih kepala PSM Makassar asal Belanda, Robert Rene Alberts. Pelatih asal Belanda itu pernah mengantarkan Arema Indonesia menjadi juara Liga Indonesia pada musim 2009/10, yang merupakan musim perdananya di Indonesia. Di level timnas, dia pernah menangani timnas Korea Selatan U-17 pada tahun 2002 hingga 2004, dan kemudian timnas Malaysia U-19 pada tahun 2007 silam.

Kini Robert memiliki kontrak jangka panjang bersama PSM. Akan tetapi di musim ketiganya bersama tim Juku Eja performanya sudah mulai menurun, di mana penampilan PSM tidak lagi stabil. Bukan tidak mungkin manajemen PSM akan memecatnya, dan dia bisa ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia.

Mario Gomez
Nama terakhir adalah pelatih kepala Persib Bandung, Mario Gomez. Di musim perdananya di Indonesia, dia sudah mampu mengantarkan Persib menjadi juara paruh musim Liga 1 2018. Gomez terkenal sebagai pelatih yang mampu memoles tim besutannya menjadi sangat tajam di lini depan. Selain itu, dia juga pernah meraih gelar bergengsi, yakni juara Piala AFC bersama klub Malaysia, Johor Darul Tazim. Masuknya Gomez pada daftar ini tidak lepas dari pemahamannya mengenai sepak bola di Asia Tenggara.

Di sepanjang karier kepelatihannya, Gomez juga tercatat pernah menjadi asisten pelatih Hector Cuper ketika menangani tim raksasa Eropa seperti Valencia dan Inter Milan.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply